Baca Berita

Sekda Bintan Ronny : Jadilah Petugas yang memiliki Pengetahuan, dan Tangguh dalam Penanggulangan Kebakaran di Bintan

Berita
BPBD, Bintan - Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan, Ronny Kartika secara resmi membuka Diklat Pemadam 1 di Fire Office Bintan Resort Cakrawala, Lagoi, Senin (27/11) pagi. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan, bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran Provinsi Kepri.


Keterangan : Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan, Ronny Kartika menjadi Inspektur Upacara dalam Upacara Pembukaan Pelatihan Pemadam 1 di Bintan Resort Cakrawala Lagoi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan, Ronny Kartika dalam sambutanya menuturkan dirinya sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan Diklat Pemadam 1 yang di inisiasi BPBB Bintan Dan Satpol PP dan Penanggulangan Kebakaran Prov.Kepri. ia berharap peserta dapat mengikuti diklat dengan penuh dedikasi guna meningkatkan pengetahuan, agar tercipta petugas pemadam yang profesionalis dan tangguh dalam penanggulangan kebakaran di Kabupaten Bintan. 


Keterangan : Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan, Ronny Kartika Mengalungkan Tanda Peserta Pelatihan Pemadam 1

Dalam kesempatannya , Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Ronny juga mengucapkan selamat datang di Kabupaten Bintan kepada instruktur dari Pusdiklatkar Gulkarmat dan Narasumber dari Kemendagri yang dihadiri kepala sub direktorat standarisasi tata Oprasi dan sumber daya managemen Penanggulangan Kebakaran 


Keterangan : Kepala Pelaksana BPBD Daerah Kabupaten Bintan, Ramlah Mengalungkan Tanda Peserta Pelatihan Pemadam 1

“Kita berharap pada adik adik kita, peserta Diklat Pemadam 1 BPBD Kabupaten Bintan dapat memiliki pengetahuan yang lebih, dalam penanganan penanggulangan kebakaran, Diklat ini  sangat bermanfaat, agar tercipta petugas pemadam yang profesional dalam menghadapi situasi di lapangan nantinya. Ini moment untuk terus belajar meningkatkan kapasitas SDM petugas pemadam kita. Apalagi dengan instruktur yang penuh pengalaman, Saya melihat ini langkah yang  tepat, untuk meningkatkan SDM yang profesional dan tangguh guna menangani bencana kebakaran yang sewaktu waktu dapat terjadi di Kabupaten Bintan," jelasnya.


Keterangan : Instruktur sedang memberikan materi pertolongan pertama kepada para peserta Pelatihan Pemadam 1

Ronny juga berharap,  Nantinya setelah diklat Pemadam 1 selesai, para peserta dapat membuat mapping (pemetaan) terkait peta kerawanan bencana kebakaran di wilayah Kabupaten Bintan. Hal ini dimaksudkan, agar seluruh personel dapat melakukan upaya preventif agar bencana kebakaran dapat diatasi sedini mungkin. 


Keterangan : Peserta Pelatihan Pemadam 1 sedang melakukan pelatihan pernapasan buatan sesuai instruksi dari instruktur

" Harapan kita secara lebih luas mapping dilapangan sangat penting,  bagaimana kita bisa memproteksi sumber kebakaran sedini mungkin, karena kita belajar dari kasus kebakaran yang terjadi di Kabupaten Bintan, hampir mencapai  ratusan titik kebakaran yang telah terjadi. Hal ini, sama sama tidak kita inginkan. Namun hal-hal yang perlu di maping dan di proteksi sejak dini adalah penanganan kebakaran, berdasarkan gambaran peta kerawanan kebakaran. Agar tidak menjadi hambatan petugas kita dalam menjalankan tugas nantinya. Seperti,  sumber air dan lainnya, agar bencana kebakaran dapat diatasi seminim mungkin," Tuturnya.
Bagikan Postingan Ini:
© . Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan